Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Hasil observasi di SMA Negeri 2 Maumere diperoleh bahwa sebagian siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini, yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Maumere tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X IPA1 dan kelas X IPA2 SMA Negeri 2 Maumere. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase keaktifan siswa sebesar 78,55%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan rata-rata persentase keaktifan sebesar 73,55%. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dengan nilai rata-rata Posttest sebesar 74,80%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rata-rata Posttest sebesar 65,96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere.Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif; Jigsaw; Keaktifan; Numbered Head Together