PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM)  berbasis Scientific Learning pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini adalah Research and development dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, angket tanggapan pendidik dan peserta didik dan N-gain.  Subjek dalam penelitian ini, yaitu pada uji coba skala kecil dengan jumlah peserta didik 2 orang dan 1 orang pendidik biologi sedangkan pada uji coba skala besar melibatkan 25 orang peserta didik dan 2 orang  pendidik biologi. Hasil penelitian menunjukan tingkat validitas dari validator materi sebesar 90, validator bahasa 88 dan validator media 82. Kelayakan media pembelajaran UKBM  pada uji coba skala kecil oleh pendidik diperoleh skor rerata 121 dalam kategori sangat layak dan peserta didik 66 dikategori cukup layak sedangkan hasil angket kelayakan media UKBM pada Uji coba skala besar oleh pendidik skor rerata 127 dalam kategori sangat layak dan peserta didik diperoleh skor rerata 80,36 dengan kategori sangat layak. Peningkatan analisis N-gain dari rata – rata nilai pretest sebesar 60 dan nilai postest sebesar 81,404 diperoleh N-gain 0,52 dengan kategori sedang. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa UKBM sangat efektif dalam pembelajaran.