Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Negeri Nuba Arat Pada Materi Kelompok Tumbuhan

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih tergolong lemah, kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung dan minimnya literatur cetak yang menyebabkan kemampuan literasi siswa sangat lemah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi tumbuhan bagi siswa SMP Negeri Nuba Arat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Recearch and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develope, and Dessiminate). Dalan penelitian ini, peneliti melakukan beberapa tahap yaitu, analisis awal, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan, penyusunan tes, pemilihan media dan pemilihan model LKS. Selanjutnya peneliti melakukan validasi produk, perbaikan produk, ujicoba kelas kecil dan menginformasikan kepada siswa serta guru IPA di SMP Negeri Nuba Arat terkait LKS yang sudah dikembangkan. Hasil validasi ahli terhadap produk yang dikembangkan memiliki skor 2,80 untuk ahli materi dan 3,25 untuk ahli media. Validator atau ahli juga memberikan saran terhadap LKS yang dikembangkan berupa perbaikan penempatan gambar, layout dan kesalahan penulisan. Selain itu skor tanggapan siswa dan guru pada saat uji coba kelas kecil yakni 84,71 untuk tanggapan siswa dan 90,07 untuk tanggapan guru. Berdasarkan hasil validasi ahli, perbaikan saran dan skor tanggapan subjek penelitian, maka LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi tumbuhan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri Nuba Arat. Kata Kunci: 4D, Inkuiri Terbimbing; Lembar Kerja Siswa, Validasi