KESENIAN DAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAKWAH (STUDI TERHADAP AKUN INSTAGRAM @gazali_rumi)
Abstract
Instagram is one of the most popular social media in today's new media era, and Indonesian people are no exception. A survey released by Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) shows that in 2016 there were 19.9 million registered Instagram accounts. If it is linked in the context of dakwah communication, Instagram can be a very promising dakwah medium with a very large potential for dakwah communicants (mad'u). However, in its delivery, the right method is needed so that dakwah communication is effective. One interesting method to use is to combine technology with art. This method is applied by the Instagram account @gazali_rumi. The account conveys Madihin's art through a video feature themed on the latest social issues and inserts dakwah messages in his poetry. The dakwah communication of the @gazali_rumi account is interesting to research in the context of developing the theory and methodology of dakwah communication in accordance with the times and technology. The purpose of this research is to find out and describe how Madihin art is presented through Instagram videos as a medium of dakwah communication and how netizens respond to the dakwah communication method. This research is a case study with a descriptive method which find the results that dakwah communication on the @gazali_rumi account is through two media at once, these are Instagram as social media and Madihin traditional art media. The number of followers on this Instagram account is more than 46,600, the videos are watched by more than 26,700 viewers and are liked by more than 8000 times for each post. This shows the enthusiasm and interest of netizens for the content and methods.Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler di masyarakat zaman new media saat ini, termasuk masyarakat Indonesia. Survei yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan bahwa di tahun 2016 saja sudah ada 19,9 juta akun Instagram yang terdaftar. Jika dikaitkan dalam konteks komunikasi dakwah, Instagram dapat menjadi media dakwah yang sangat menjanjikan dengan potensi komunikan dakwah (mad’u) yang sangat besar. Namun dalam penyampaiannya diperlukan metode yang tepat agar komunikasi dakwah tersebut efektif. Salah satu metode yang menarik untuk digunakan ialah memadukan teknologi dengan kesenian. Metode inilah yang diaplikasikan oleh akun Instagram @gazali_rumi. Akun tersebut menyampaikan kesenian Madihin melalui fitur vidgram bertema isu sosial terkini dan menyelipkan pesan dakwah dalam syairnya. Komunikasi dakwah akun @gazali_rumi ini menarik untuk diteliti dalam rangka pengembangan teori dan metodologi komunikasi dakwah yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kesenian Madihin disajikan melalui video Instagram sebagai media komunikasi dakwah dan bagaimana tanggapan warga net (netizen) terhadap metode komunikasi dakwah tersebut. Penelitian ini adalah kajian studi kasus dengan metode deskriptif yang menghasilkan temuan bahwa komunikasi dakwah pada akun @gazali_rumi melalui dua media sekaligus, yaitu media sosial Instagram dan media kesenian tradisional Madihin. Jumlah pengikut akun Instagramnya lebih dari 46.600 orang, video kirimannya ditonton oleh lebih dari 26.700 orang dan disukai oleh 8000 orang lebih setiap kirimannya. Ini menunjukan antusias dan ketertarikan netizen atas konten dan metodenya.