MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI MA AN NAWAWI BERJAN PURWOREJO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengembangan kurikulum madrasah berbasis Ilmu Sosial Profetik dalam mewujudkan madarasah unggul di MA An Nawawi Berjan Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui proses observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pencatatan data  reduksi  data,  display  data,  dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis ilmu sosial profetik di MA An-Nawawi Berjan Purworejo bahwa dalam muatan materi mengintegrasikan materi  umum  dengan materi keagamaan sebagai pondasi nilai transendensi. Pada penerapan nilai humanisme sudah menjadi budaya pesantren interaksi hablun minannas terjalin karena pesantren dan madrasah merupakan tempat untuk terjalin interaksi sosial dari peserta didik yang berlatar belakang berbeda. Metode pembelajaran yang digunakan dengan metode saintifik pada proses pembelajaran umum, sedangkan materi terintegrasi menggunakan metode sorogan, bandongan, ceramah, tanyajawab, praktik dengan disesuikan muatan materi yang diajarkan.