MANAJEMEN PENDIDIKAN EDUTAINMENT DI TPA AL HIKMAH KEWANGUNAN PETANAHAN

Abstract

Fokus kajian pada penelitian ini dilatar belakangi dari adanya kecenderungan melemahnya minat belajar pada pendidikan NonFormal utamanya pendidikan keagamaan yaitu salah satunya Taman Pendidikan al Qur’an bahkan nyaris di berbagai tempat banyak taman pendidikan al Qur’an yang tidak lagi menyelenggarakan kegaiatan belajar menngajar dikarenakan tidak ada santrinya atau di lain pihak ada tapi keberadaanya hanya seadanya, sehingga sangat diperlukan adanya pendidikan berbasis edutainment. Pendidikan berbasis edutainment pada prinsipnya pendidikan yang dalam penyelenggaraanya dilaksanakan dengan cara-cara yang menyenangkan, dengan tujuan agar santri merasa senang dan nyaman mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Penentuan narasumber dilakukan dengan teknik purposivesampling dan snowballing sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik:wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji validitas data memakai teknik trianggulasi data berupa trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, dalam pelaksanaan Edutainment Di Tpa Al Hikmah Desa Kewangunan Kecamatan Petanahan meliputi empat tahap, yaitu perencanaan yang dilaksanakan melalui tiga proses,pengorganisasian yang terdiri dari dua kelompok, penggerakan yang terdiri dari dua bentuk penggerakan, dan pengawasan yang dibagi menjadi dua bentuk pengawasan. Kedua,Pelaksanaan Pendidikan Edutainment meluputi : Membuat yel yel pembuka, Menyanyi dan musik, Permainan sulap dan Cerita humor.