KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK TELAAH PEMIKIRAN IKHWAN AS-SHAFA
Abstract
Menengok dunia Islam, dimana Islam didaulat dalam perannya sebagai jembatan peradaban Yunani dengan Eropa pada abad pertengahan, prinsip-prinsip pendidikan holistik sebagaimana dipaparkan di muka ternyata sebenarnya telah di gagasĀ jauh lebih awal oleh tokoh pemikir Islam, yaitu Ikhwan as-Shafa pada abad 10 M. Ikhwan as-Shafa adalah organisasi rahasia dan misterius yang terdiri dari para filsuf Arab Muslim yang berpusat di Basrah, Irak saat itu merupakan ibu kota kekhalifahan Abassiyah di sekitar abad ke-10 Masehi (373H/983). Kelompok yang lahir di Bashrah ini terkenal dengan risalahnya, yang memuat doktrin-doktrin spiritual dan sistem filsafat mereka. Melalui magnum opus-nya Rasail Ikhwan as-Shafa dapat diperoleh informasi tentang jejak-jejak ajaran mereka, baik tentang ilmu pengetahuan, filsafat, dan agama.