EVALUASI AKREDITASI DI PERPUSTAKAAN CANDAKARANA SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis evaluasi akreditasi di perpustakaan Candakarana SMA Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di perpustakaan Candakarana SMAN 2 Kebumen. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, sedangkan analisis data menggunakan cara penyeleksian dan penyusunan  data yang diperoleh. Lalu, data tersebut diolah dan dianalisis untuk dibuat kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu sistem evaluasi dilakukan melalui pengontrolan perkembangan akreditasi setiap akhir pekan melalui dua tahap (pra akreditasi dengan mengecek kesiapan dokumen akreditasi dan pasca akreditasi dengan memberikan reward kepada tim akreditasi), serta adanya hambatan internal dan hambatan eksternal sekolah. Kata Kunci: evaluasi, perpustakaan, akreditasi, sekolah menengah atas