MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs NEGERI 5 KEBUMEN (Pembiasaan, Keteladanan dan Karakter)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mengenai implementasi pendidikan karakter di MTs Negeri 5 Kebumen. Sebagai sebuah madrasah yang bertempat tinggal di lingkungan pedesaan, tepatnya di kecamatan Klirong, MTs Negeri 5 Kebumen telah mengimplementasikan pendidikan karakter yang berbasis ajaran Islam dan mampu meraih prestasi yang cukup gemilang, baik prestasi akademik maupun non akademik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan, komitmen dan tindakan siswa terhadap pendidikan karakter di MTs Negeri 5 Kebumen. Penelitian ini termasuk jenis jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan subjek penelitian di di MTs Negeri 5 Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) pemahaman siswa tentang program pendidikan karakter dan berbagai kegiatan yang bermuatan nilai-nilai karakter di Mts Negeri 5 Kebumen, baik kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pembiasaan maupun spontanitas. 2) siswa telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pendidikan karakter di MTs Negeri 5 Kebumen yaitu dengan adanya kesediaan siswa mengikat janji untuk mematuhi semua peraturan yang berlaku di madrasah dan siap mendapatkan sanksi jika melakukan pelanggaran. 3) siswa telah menunjukkan tindakan yang mencerminkan nilai-nilai karakter di MTs Negeri 5 Kebumen seperti menggunakan tutur kata, sikap dan perbuatan yang baik.