MANAJEMEN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah. Informan dari penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo dalam menerapkan disiplin preventif kinerja guru sudah dilakukan sejak awal berdirinya MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo, sedangkan untuk disiplin korektifnya juga dilakuakan, namun hukuman yang di berikan tidak begitu memberatkan dalam arti masih hanya sekedar teguran. Sedangkan disiplin korektif di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo selama ini hanya sebagai acuan saja, acuan untuk menjadikan guru lebih disiplin lagi. Di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo dalam melakukan disiplin mematuhi aturan dan hukuman kinerja selalu diterapkan karena itu merupakan aturan yang harus dilakukan oleh semua guru dan karyawan di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo guna untuk meningkatkan kedisiplinan. Kata Kunci: Manajemen, Disiplin Kerja, Kinerja Guru