MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM
Abstract
Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian berlangsung di Pondok Pesantren Nuril Anwar Maron Loano Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah Mufattisy Pondok, Ketua Yayasan, Kepala Madrasah dan wakilnya, Ustadz/Guru Akidah Akhlak, Pengurus dan santri serta warga sekitar pesantren. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan teknik deskriptif analisis. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan pada tahap perencanaan pembelajaran sudah tertata dengan cukup baik dan pembelajaran dilaksanakan dengan tiga kegiatan yaitu awal, inti dan penutup serta ditunjang dengan keteladanan yang diberikan oleh Ustadz/pengurus. Sedangkan proses penilaian pembelajaran dilakukan dengan metode ulangan secara berkala, UTS, UAS dan tes secara langsung. Sedangkan untuk tindak lanjut yang dilakukan antara lain dengan melakukan apersepsi, evaluasi tertulis/lisan dan pembinaan khusus apabila diperlukan