MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERMUTUSTUDI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARWATA GLEMPANG MAOS

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya kurikulum dalam mewujudkan pendidikan bermutu. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengontrolan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilakukan dengan mengadakan rapat bersama untuk membahas pengembangan kurikulum. Rapat tersebut dihadiri oleh pengurus yayasan, kepala madrasah, dan segenap dewan guru; (2) Pengorganisasian Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilakukan dengan membentuk tim pelaksana pengembangan kurikulum. Kepala madrasah membagi tugas kerja kepada para pelaksana pengembangan kurikulum dan mengawasi kegiatan-kegiatan implementasi kurikulum; (3) Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilakukan melalui kegiatan pra instruksional, instruksional (inti/isi) dan tindak lanjut/evaluasi. Kurikulum yang telah dikembangkan diimplementasikan dengan mengacu pada kurikulum yang telah dikembangkan; (4) Pengontrolan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilaksanakan melalui kegiatan pengawasan dan evaluasi. Pengawasan dilakukan oleh Kepala Madrasah secara langsung, inspeksi mendadak (sidak), dan pengarahan secara berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh. Adapun kegiatan evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh dewan guru melaluiĀ