EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMA. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) dengan mengumpulkan referensi dari berbagai jurnal dalam rentang waktu dari 2015-2021. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif  metode meta sintesis, yaitu metode yang berupaya mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi keseluruhan hasil penelitian sesuai dengan pertanyaan penelitian, topik, ataupun fenomena yang menjadi kajian. Pendekatan yang digunakan adalah dimana tujuan utamanya adalah untuk mendapat teori maupun konsep atau tingkatan pemahaman  yang lebih mendalam dan menyeluruh mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMA. Hasil temuan penelitian adalah layanan bimbingan dan konseling sangat efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik SMA. Layanan bimbingan dan konseling yang sesuai adalah layanan dsar bimbigan, layanan informasi dan layanan responsif. Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Rasa Percaya Diri, Peserta Didik SMA