ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMK ST. LOUIS SURABAYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas X SMK St. Louis Surabaya. Gaya belajar merupakan aspek penting yang perlu dipahami oleh pendidik sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK St. Louis Surabaya tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 212 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan 26-29 Juli 2021 dengan menggunakan kuesioner gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual sebanyak 58 siswa (27%), gaya belajar auditori sebanyak 41 siswa (20%), dan gaya belajar kinestetik sebanyak 75 siswa (35%). Selain itu, terdapat 38 siswa (18%) yang memiliki gaya belajar kombinasi. Gaya belajar visual auditori sebanyak 8 siswa (4%), gaya belajar auditori kinestetik sebanyak 11 siswa (5%), gaya belajar visual kinestetik sebanyak 12 siswa (6%), dan gaya belajar visual auditori kinestetik sebanyak 7 siswa (3%).