Pengaruh Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Serba Usaha Madani Randuagung Lumajang

Abstract

Kepuasan akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar pelanggan. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota, diantaranya pemasaran dan kualitas pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota tahun 2018 sampai tahun sekarang di KSU Madani Randuagung Lumajang. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan memakai rumus slovin dengan hasil sebanyak 63 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui ketepatan suatu alat ukur, regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan terikat, uji F dan uji t digunakan untuk mengetahui hipotesis yang dikemukakan. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda adalah y = 2,505+ 0,599 X1 + 0,259 X2. (1) Ada pengaruh pemasaran terhadap kepuasan anggota secara parsial dengan nilai t =4,344. (2) Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota secara parsial dengan nilai t =1,853.(3)Dari kedua variabel pemasaran dan kualitas pelayanan yang paling dominan adalah variabel pemasaran diperoleh nilai koefisien regresi untuk pemasaran sebesar 0,599dan kualitas pelayanan sebesar 0,259.