Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas (Studi Kasus Pegadaian Syariah Lumajang).Adapun rumusan masalah yang di paparkan dalam penelitian (1) Apakah Promosi dan Fluktuasi harga secara bersama – sama berpengaruh terhadap minat nasabah pada tabungan emas di Pegadaian Syariah ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1)Menganalisis pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga terhadap minat nasabah pada tabungan emas di Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, keusioner, wawancara, yaitu data yang mengandung keterangan serta penjelasan nasabah dalam menabung emas. Kemudian diakukan analisis terhadap data – data yang di peroeh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, Uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji T serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari perhitungan regresi linier berganda variabel promosi (X1) variabel promosi tidak berpengaruh terhadap variabel minat. hal ini dibuktikan dengan hasil output nilai t hitung sebesar -1.923 < 1,996, artinya jika promosi ditingkatkan maka minat investasi emas akan menurun. variable fuktuasi harga (X2) berpengaruh terhadap variabel minat. hal ini dibuktikan dengan hasil output nilai t hitung sebesar 6.658 > 1,996 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya jika fluktuasi harga naik maka minat investasi akan meningkat.