Strategi Pemasaran Pembiayaan Mikro Sanitasi Berbasis Akad Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Syirkah Fastabiqul Khoirot Cabang Jatiroto
Abstract
Persaingan di dalam dunia bisnis sudah tidak asing lagi bagi kita. Persaingan tersebut justru menuntut setiap pemilik sebuah bisnis harus melaksanakan kegiatan pemasaran. Peneliti mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penyajian data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan pegumpulan data. Hasil dari peneitian lapangan yaitu: (1) Product: Produk yang dimiliki Syirkah itu berbeda dengan koperasi lainnya. (2) Price. Ketika anggota melunasi angsurannya. (3) Place. Segmentasi dalam memilih tempat berdekatan dengan pasar. (4) Promotion. Promosi marketing menawarkan kepada anggota. (5) People. Para marketing ketika berbicara dengan anggota menggunakan bahasa jawa atau madura. (6) Process. Tidak ada survey bagi anggota yang tidak pernah macet. (7) Physical Edvidance. Melayani yaitu jemput bola. Adapun prosedur pembiayaan mikro sanitasi yakni dengan melakukan pengajuan, kemudian disurvei untuk mengetahui informasi anggota tersebut.