Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Manarul Quran Biro Perjalanan Umroh

Abstract

Banyak perusahaan berfokus pada kepuasan tinggi karena para pelanggan yang hanya merasa puas mudah untuk berubah pikiran bila mendapat tawaran yang lebih baik. Mereka yang amat puas lebih sukar untuk mengubah pilihannya. Kepuasan tinggi atau kesenangan menciptakan kelekatan emosional terhadap merek bukan hanya prefensi nasional. Hasilnya adalah kesetiaan pelanggan yang tinggi. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 2) apakah ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 3) lebih dominan mana antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 3) untuk mengetahui lebih dominan mana antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari variabel independen (kualitas pelayanan dan harga) dan varaiebl dependen (kepuasan konsumen) penelitian ini adalah penelitian populasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan pengelolaan data menggunakan SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel Independen (kualitas pelayanan dan Harga) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan harga secara parsial berpengaruh signifkan terhadap kepuasan konsumen.