Penerapan Algoritma Fuzzy Time Series Average-Based untuk Memprediksi Penjualan Kelapa

Abstract

UD Bambang Kelapa adalah salah satu bisnis di Solo yang bergerak dalam penyediaan kelapa parut untuk rumah makan dan beberapa industri kuliner yang ada di wilayah Solo. Pada operasinya UD Bambang membawa kelapa dari luar setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggannya. UD Bambang sering mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah kelapa yang dibutuhkan setiap bulan, oleh karena itu UDBambang membutuhkan sistem yang dapat digunakan untuk memprediksi permintaan kelapa dalam beberapa bulan terakhir. Berbasis fuzzy time series average adalah metode prediksi yang menggunakan prinsip fuzzy dan memiliki akurasi yang cukup baik untuk peramalan jangka pendek, sehingga metode ini sesuai untuk meramalkan kebutuhan penjualan kelapa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kebutuhan penjualan kelapa dalam setahun terakhir, 2015 - 2016 dalam hal ini diperoleh dari UD Bambang Kelapa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah akurasi algotima berbasis fuzzy time series rata-rata untuk prediksi kebutuhan penjualan kelapa dengan pengujian data pada tahun 2016 sebanyak 12 data yang diuji dengan mean absolute error (MAPE) adalah 7,82% dan termasuk dalam kategori baik kriteria. Sedangkan hasil pengujian fungsional menggunakan metode Black Box Testing, diperoleh bahwa semua komponen sistem telah diuji dan sesuai dengan yang diharapkan