Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan kevalidan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pada penelitian ini hanya sampai tahap Development karena keterbatasan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukannya tahap implementasi dan evaluasi. Modul digital yang dikembangkan masih sebatas uji kevalidan produk yang melibatkan lima validator, yaitu dua orang ahli materi, dua orang ahli media, dan satu orang ahli desain pembelajaran. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang kemudian hasil angketnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, hasil validasi dari ahli materi sebesar 97,35%, ahli media sebesar 89%, ahli desain pembelajaran sebesar 80,5%, berdasarkan kriteria validitas yang digunakan bahwa nilai tersebut dikategorikan sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berupa modul digital sangat valid sebagai bahan ajar biologi siswa kelas XI IPA.   Abstract This study aims to describe the development of digital modules as biology teaching materials for class XI science students at MAN 2 Jember in the 2019/2020 academic year and to describe the validity of digital modules as biology teaching materials for students in class XI science at MAN 2 Jember in the 2019/2020 academic year. This research is a type of research and development (Research and Development) with the ADDIE model approach (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The stage in this research is only up to the Development stage due to the limited conditions of the Covid-19 pandemic. So it is not possible to carry out the implementation and evaluation stages. The digital module developed is still limited to product validity testing involving five validators, namely two material experts, two media experts, and one learning design expert. The instrument used in this study was a questionnaire which was then analyzed quantitatively descriptively. Based on data analysis, the validation results from material experts are 97.35%, media experts are 89%, learning design experts are 80.5%, based on the validity criteria used that the value is categorized as very valid, thus it can be concluded that the teaching materials used developed in the form of a very valid digital module as a biology teaching material for class XI science students.