Efektivitas Penggunaan Media Kartu Numerik pada Siswa Jenjang Prasekolah

Abstract

Abstrak Pembelajaran di jenjang prasekolah lebih banyak bermain sambil belajar. Pembelajaran matematika juga dapat diterima anak dalam dunia penddikan pra sekolah, yaitu dengan cara mengenal numerik 1-10. Hal demikian dilakukan dengan menggunakan media kartu numerik secara klasikal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak-anak pra sekolah dhiva school dengan jumlah 18 anak. Dalam penelitian ini diketahui bahwa siswa pra sekolah mampu mengenal numerik, mampu menulis dan mampu mengurutkan numerik 1-10. efektifitas media kartu numerik, dengan menggunakan 4 indikator hasilnya untuk indikator kemauan belajar siswa kategori sangat baik, dengan rata-rata 84,4. Untuk indikator keterampilan siswa juga kriteria sangat baik, dengan skor rata-rata 83,27. Indikator berikutnya mengenal angka 1-10 dengan benar dan tepat juga memproleh kriteria sangat baik, dengan rata-rata 83. Indikator yang terakhir diperoleh skor rata-rata 80,94 jika dibulatkan menjadi 81, jadi untuk indikator ini memperoleh kriteria sangat baik.   Abstract Their experiences in preschool more level playing while learning. Math lessons are also a possible child in pre-world education, school namely through numerical know 1-10. It thereby conducted using the card classical. The purpose of this study was to describe the effectiveness of numeric card media for pre-school level students in terms of attitudes and abilities in understanding the material.Numerically kind of research this is the qualitative descriptive subject of study children preschool Dhiva school of 18. Children in this research are that students are, numerical know schools can pre and capable of writing. 1-10 numeric rank The effectiveness of media, numerical card using the 4 indicators for the student learning a very good, category with an average 84,4. To the student skills also excellent, criteria with the average score 83,27. Know the following indicators 1-10 correctly and precise criteria, get very well with an average of 83. The last average score obtained 80,94 if rounded into 81, so this question received excellent. So that the introduction of numeric card media for pre-school students is very effective in increasing the ability of students to learn to count (numbers).