Penerapan Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas IB SD Muhammadiyah 6 Gadung

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SD Muhammadiyah 6 Gadung yang memiliki karakteristik yang bebeda, yang mana dalam perkembangannya, SD Muhammadiyah 6 Gadung sudah menerapkan beberapa metode pembelajaran Al-Qur‟an, namun kenyataan yang terjadi dilapangan menunjukkan bahwa hasil yang didapatkan tidak memuaskan, sehingga SD Muhammadiyah 6 Gadung menjadikan metode Tajdied sebagai metode berikutnya yang diterapkan, dan yang menjadi pokok permasalahn disini adalah apakah penerapan metode tajdied ini merupakan metode pembelajaran Al-Qur‟an yang praktis, efektif, dan efisien untuk para siswa khususnya siswa kelas IB. Untuk itu perlu adanya suatu penelitian tentang penerapan metode tajdied terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas IB SD Muhammadiyah 6 gadung. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan sejauh mana kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa sebelum dan setelah menggunakan metode tajdied. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi partisipan, Wawancara/Interview, dan Dokumentasi/teknik dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre test banyak didominasi oleh siswa yang kurang lancar sedangkan hasil post test menunjukkan hasil yang positif karena didominasi oleh siswa yang lancar sehingga menunjukkan bahwa penerapan metode tajdied mampu memberikan peningkatan terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas IB SD Muhammadiyah 6 gadung. Kata Kunci : Penerapan Metode Tajdied dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.