Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rekonstruksi pengetahuan masyarakat suku duanu secara ilmiah dalam tradisi manongkah kerang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada tokoh masyarakat suku duanu dan studi literatur. Data dianalisis menggunakan metode analisi kualitatif miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat suku duanu memiliki tradisi manongkah kerang berupa kegiatan pengambilan kerang di pesisir pantai Indragiri hilir riau. Proses pengambilan kerang dan alat yang digunakan memiliki pengetahuan masyarakat lokal (indigeneous science) yang memuat konsep-konsep sains dan adanya terkansung nilai konservasi lingkungan. Kearifan lokal manongkah kerang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA denganĀ  adanya konsep sains dan nilai-nilai konservasi terutama pada materi tentang ekosistem.