PENGARUH SOSIAL-BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KESADARAN BERAGAMA: IMPLIKASI TERHADAP KONSELING RELIGIUS DI PERGURUAN TINGGI

Abstract

Perguruan Tinggi Islam memiliki tujuan yang spesifik yaitu menanamkan nilai-nilai Islami dalam proses pembelajaran, sehingga tumbuhnya kesadaran beragama yang kokoh bagi mahasiswa. Kesadaran beragama diartikan sebagai rasa keagamaan, pengalaman ke-Tuhanan, keimanan yang diwujdukan dalam sikap dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan sosial dan budaya akademik terhadap kesadaran beragama mahasiswa serta implikasinya terhadap konseling religius di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan teknik analisis regresi. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, dengan jumlah sampel sebanyak 171 orang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa lingkungan sosial dan budaya akademik secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kesadaran beragama. Berdasarkan hasil temuan, implikasi terhadap bimbingan dan konseling religius diperlukan pendekatan yang komprehensif untuk memperdayakan potensiĀ  mahasiswa secara utuh.