Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Perkalian dan Pembagian Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw

Abstract

Model pembelajaran koperatif tipe jigsawdiyakini dapat mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SD Negeri 84 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 84 Kendari pada bulan Oktober 2019. Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III yang duduk pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi perkalian bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 84 Kendari dengan persentase rata-rata tiap siklus adalah 50,87 pada kemampuan awal, 57,23 pada tes siklus I, dan 66,43 pada tes siklus II.