Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Usap Abur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dengan teknik usap abur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan anak pada kelompok A di TK 1 PGRI Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan dengan rentang usia  4-5 tahun. Berdasarkan analisis data dari hasil melalui kegiatan menggambar dengan teknik usap abur pada observasi awal sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 40%. Pada siklus I aktivitas  mengajar guru diperoleh persentase sebesar 80% dan aktivitas belajar anak diperoleh persentase sebesar 71,4%, sedangkan untuk  hasil belajar anak diperoleh persentase sebesar 67%. Kemudian pada siklus II  aktitivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,3%, dan aktivitas belajar anak didik mengalami peningkatan menjadi 92,86%, sedangkan hasil belajar anak mengalami peningkatan menjadi 87%.