Pengembangan Media Microsoft PowerPoint Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring

Abstract

Belajar Dari Rumah (BDR) telah mengubah tatanan pendidikan tak terkecuali jenjang sekolah dasar. Pembelajaran yang semestinya disampaikan secara tatap muka harus disampaikan secara daring. Akibatnya pelaksanaan pembelajaran daring tidak maksimal sehingga harus menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pengembangan media PowerPoint dalam menunjang pembelajaran daring di kelas 3 SD Muhammadiyah Purbayan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan Research and Development (R&D) dari Brach yaitu model Instructional Design dengan pendekatan ADDIE. Cara mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari hasil penelitian terhadap siswa, guru kelas, dan kepala sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran PowerPoint merupakan salah satu upaya dalam mempermudah siswa menerima pelajaran selama pembelajaran daring. Dalam mengaplikasikan Microsoft PowerPoint di SD Muhammadiyah Purbayan melalui empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dessimination (penyebarluasan). Dengan demikian guru dapat mengaplikasikan media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang lebih inovatif dan insipiratif dalam pembelajaran daring.