Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Barangka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Barangka tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Barangka yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada materi teorema pythagoras diperoleh nilai rata-rata 65,74;  modus 70; standar deviasi 17,89; varians 320,09; minimum 35; maksimum 100 dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Barangka yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi teorema pythagoras diperoleh nilai rata-rata 53,93; modus 50; standar deviasi 22,10; varians 488,48; minimum 20; maksimum 90. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing secara signifikan lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka yang diajar dengan model pembelajaran langsung.