Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Berbasis Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari dengan memanfaatkan lingkungan sekolah kombinasi model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari yang berjumlah 32 orang siswa dengan latar belakang yang heterogen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan pada nilai rerata siswa juga telah mengalami peningkatan dari 67,28 pada observasi awal, 73,68 pada siklus pertama, dan 87.93 pada siklus kedua. Persentase ketuntasan belajar siswa juga telah mengalami peningkatan yaitu pada observasi awal sebesar 56,33%, siklus pertama sebesar 72,5%, dan  97,14% pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari pada mata pelajaran IPA.