Penerapan Pembelajaran Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia pada materi bilangan kuantum  siswa kelas X SMAN 02 Bombana dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMAN 02 Bombana yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 30 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini mengikuti prosedur berikut : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, dan (5) refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuantitatif dan kualitatif melalui lembar observasi, tes hasil belajar, dan jurnal. Indikator keberhasilan bagi siswa dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika minimal 85% siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistik dapat memperoleh nilai yang telah ditentukan sekolah yaitu ≥6,5. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil  belajar kimia  siswa kelas X SMAN 02 Bombana pada pokok bahasan bilangan kuantum  dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis realistik yaitu sebanyak 26 siswa (86,67%) telah memperoleh nilai ≥ 6,5, hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa telah mencapai 100%.