Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian semester dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Penentuan sampel berdasarkan teknik proportional random sampling sebesar 25% dari tiap-tiap kelas paralel dan diperoleh 95 siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan nilai rapor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kecemasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari tidak satupun siswa dalam kategori panik, 31 (32,63%) siswa dengan kategori kecemasan berat, 56 (58,95%) siswa dengan kategori kecemasan sedang, dan 8 (8,42%) siswa dengan kategori kecemasan ringan (2) prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari, terdiri atas 62 (65,26%) siswa dengan kategori prestasi belajar sangat baik, 33 (34,74%) siswa dengan kategori prestasi belajar baik, dan tidak satupun siswa dalam kategori prestasi belajar cukup (3) ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian semester dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari dengan koefisien korelasi sebesar 0,633 yang menunjukkan bahwa antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian dengan prestasi belajar matematika siswa memiliki hubungan yang kuat.