Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 84 Kendari pada bulan Juli 2019. Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV yang duduk pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe NHT pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari. Peningkatan tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mencapai kategori aktif dan sangat aktif dari 80% pada siklus pertama meningkat menjadi 100% pada siklus kedua, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran yang mencapai kategori baik dan sangat baik dari 80% pada siklus pertama meningkat menjadi 100% pada siklus kedua, dan (3) hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar dari 59,09% pada siklus pertama meningkat menjadi 86,36% pada siklus kedua.