Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Melalui Metode Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran di TK Negeri Tandai Bale Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Negeri Tandai BaleĀ  yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Temuan penelitian di siklus I aktivitas mengajar guru mencapai 80%, aktivitas belajar anak didik mencapai 80% dan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran mencapai 66,67%. Sedangkan siklus II aktivitas mengajar guru meningkat mencapai 93,33%, aktivitas belajar anak didik meningkat mencapai 93,33% dan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran mengalami peningkatan mencapai 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa pada anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran di TK Negeri Tandai Bale Kabupaten Buton Utara.