Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Mengisi Pola Gambar Menggunakan Teknik Mozaik Secara Berkelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama anak melalui kegiatan mengisi pola gambar menggunakan teknik mozaik secara berkelompok di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari yang berjumlah 16 orang. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 73,33% atau 11 aspek dari 15 aspek yang diamati, aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64,28% atau 9 aspek dari 14 aspek yang diamati sedangkan hasil belajar anak disklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 56,25% atau 9 anak dari 16 anak yang mendapat kategori BSB dan BSH. Siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,33% atau 14 aspek dari 15 aspek yang diamati, dan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 85,71% atau 12 aspek dari 14 aspek yang diamati sedangkan  hasil belajar anak disklus II ini juga mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 87,5% atau 14 anak dari 16 anak yang mendapat kategori BSB dan BSH. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan mengisi pola gambar menggunakan teknik mozaik secara berkelompok di Kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari