Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V SD Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Melalui Pendekatan Tutor Sebaya
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VSD Negeri 08 Mandonga dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan melalui pendekatan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 08 Mandonga dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Indikator kinerja yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu minimal 75% siswa telah memperoleh nilai 6,0. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada setiap tindakan dalam penelitian ini, diperoleh persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan secara klasikal pada tes awal sebesar 53,85%, tindakan siklus I sebesar 66,67%, dan tindakan siklus II sebesar 76,92%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri 08 Mandonga dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan dapat ditingkatkan melalui pendekatan tutor sebaya.