Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Kertas Krep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan kertas krep dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B TK Negeri Labuan Tobelo, Kabupaten Buton Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Negeri Labuan Tobelo, Kecamatan Buton Utara yang berjumlah 11 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru diperoleh persentase ketercapaian sebesar 78,57%, sedangkan lembar observasi aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh persentase sebesar 78,57%. Pada siklus II, hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 100%, sedangkan aktivitas belajar anak meningkat menjadi 92,86%. Berdasarkan Observasi awal tentang meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan kertas krep diperoleh persentase sebesar 27,27%. Hasil penelitian setelah tindakan menunjukkan peningkatan anak pada siklus I sebesar 81,82%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 90,91% dan telah mencapai indikator yang ditetapkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kertas krep dapat meningkatan kreativitas anak di Kelompok B TK Negeri Labuan Tobelo, Kabupaten Buton Utara.