Keefektifan Teknik Modeling Untuk Mengembangkan Kesadaran Karier Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Kesadaran karier merupakan tahapan perkembangan karier masa anak-anak yang berpengaruh terhadap perkembangan kariernya dimasa mendatang. Penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena kurangnya kesadaran karier siswa SD. Penelitian bertujuan menguji keefektivan teknik modeling untuk mengembangkan kesadaran karier siswa SD. Metode penelitian yakni kuasi eksperimen dengan desain penelitian  nonequivalent pre test and post test control group design. Partisipan penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan instrumen tingkat kesadaran karier. Pengujian efektivitas teknik modeling untuk mengembangkan kesadaran karier siswa dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil ujicoba dan analisis uji data sebelum dan setelah pelaksanaan layanan terbukti bahwa teknik modeling secara empiris dapat mengembangkan kesadaran karier siswa. Keefektifan teknik modeling diketahui dengan adanya peningkatan rata-rata skor yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen pada saat pretes dan postes. Sehingga terdapat perkembangan yang positif terhadap tingkat kesadaran karier siswa.  Kefektifan teknik modeling dapat meningkatkan kesadaran karier pada tiga aspek yakni pemahaan diri, pendidikan dan eksplorasi pekerjaan dan perencanaan karier yang telah dijelaskan perubahannya pada setiap indikator.