Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pendidikan karakter dapat dikatakan sebagai usaha manusia secara sadar dan terencana dalam hal mendidik sekaligus memberdayakan peserta didik dengan tujuan membangun karakter pribadi peserta didik. Tujuannya penelitian ini adalah mengembangkan karakter siswa melalui literasi digital di era revolusi industri 4.0. Demi mencapai tujuan penelitian ini, penulis mencari sejumlah artikel relevan, memahami isi artikel, dan mereview sehingga dapat memberikan pandangan kritis terhadap penelitian sebelumnya. Selain itu, hasil review memberi kontribusi nyata dalam kajian terkait pengembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review yang menguraikan tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lainnnya yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka berpikir terkait karakter, literasi digital, serta perannya dalam era revolusi industry 4.0. penelitian ini menggunakan 12 jurnal sebagai referensi. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan karakter anak disekolah dasar melalui literasi digital. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa penanaman karakter melalui literasi di era revolusi industri 4.0 di sekolah dasar penting untuk dilakukan, slah satu caranya melalui media digital.