Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 03 Bombana dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII-IPA3 SMA Negeri 03 Bombana mulai tanggal 3 Juli 2018 sampai dengan 15 September 2018 dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ditetapkan jika minimal 75% siswa telah tuntas secara individu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika siswa kelas XII IPA3 di SMA Negeri 03 Bombana pada materi pokok peluang dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu tergambar dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individu, yakni pada siklus I hanya terdapat 3 orang (8,82%) meningkat menjadi 34 orang (100%).