Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Napabalano; dan (2) mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Napabalano. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Napabalano Tahun Ajaran 2019/2020 semester genap. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-E sebanyak 29 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dengan kriteria: (1) siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; (2) kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa berupa kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (3) siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran bersangkutan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel yang meliputi kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel, yaitu: kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi prasyarat sistem persamaan linear dua variabel, kurangnya pemahaman konsep siswa, dan siswa tidak dapat menyusun langkah-langkah yang sistematis dalam menyelesaikan soal.