Paradigma Konsep Pembiayaan Pendidikan di Madrasah
Abstract
Pada dunia pendidikan memiliki hal yang sangat penting berkenaan dengan pembiayaan guna berjalan dengan efektif proses pembelajaran maka dibutuhkannya manajemen yang baik dalam mengelolah pembiayaan. Pendidikan akan berjalan dengan baik jika mampu memenuhi 8 Standar Nasioanl Pendidikan yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar sarana dan prasaran, standar proses, standar pengolahan, standar pendidik dan kependidikan, standar penilaian dan standar pembiayaan. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan guna mendeskripsikan konsep pembiayaan pendidikan di madrasah secara kontinu dan menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Temuan penelitian menunjukkan a) konsep manajemen pembiayaan pendidikan di madrasah meliputi (1) objek biaya, (2) informasi manajemen pendidikan, (3) pembiayaan, (4) keuangan, (5) anggaran, (6) biaya, dan (7) pemicu biaya; b) ruang lingkup dalam manajemen pembiayaan pendidikan di madrasah meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.