Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPS materi pengelolaan uang telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I diperoleh data hasil belajar siswa yang memiliki nilai >6 sebanyak 19 siswa (47,5%). Pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa yang memiliki nilai >6 sebanyak 34 siswa (85,00%). Hasil ini berada di atas standar ketuntasan belajar yang direncanakan (80%). Aktivitas pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan bila dibandingkan antara tahap siklus I dan siklus II.