Pengaruh Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 2 Kendari dalam dalam menentukan sisi miring segitiga siku-siku dengan menggunakan metode problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kendari  dengan jumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Indikator kinerja yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu minimal 75% siswa telah memperoleh nilai 6,5. Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap tindakan dalam penelitian ini, diperoleh persentase kemampuan siswa dalam kemampuan dan keterampilan cara menentukan sisi miring segitiga siku-siku pada siklus I sebesar 57,14%, dan tindakan siklus II sebesar 90,66%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri 2 Kendari dalam kemampuan dan keterampilan cara menentukan sisi miring segitiga siku-siku dapat ditingkatkan melalui metode problem based learning.