MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 68 KENDARI PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA (IMPROVING LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS IV SDN 68 KENDARI ON SOCIAL SCIENCE LEARNING THROUGH THE USE OF PEER TUTORS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 68 Kendari pada pembelajaran IPS. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 68 Kendari yang berjumlah 40 siswa. Ditemukan 1) Hasil pengamatan 14 aspek tindakan guru dalam mengelola KBM pertemuan 1 dan 2 dengan skor total 67 dan 69 (97,l 5%) Pada siklus II, terjadi peningkatan nilai jika dibandingkan pada siklus I dimana nilai skor total pertemuan 1 dan 2 adalah 61 dan 66 (88,00%). 2) Hasil pengamatan 10 aspek kegiatan siswa dalam KBM pada siklus II mencapai 100%, terjadi peningkatan nilai jika dibandingkan pada siklus I dimana hanya mencapai 40%, 3) Hasil belajar yang dicapai oleh siswa menunjukkan peningkatan yang sangat berarti, di mana Pada siklus II terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 77,04 dan siswa yang memperoleh nilai rata-rata ≥ 65 berjumlah 37 siswa (92,5%), terjadi peningkatan nilai jika dibandingkan pada siklus I nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 68,06 dan siswa yang memperoleh nilai rata-rata ≥ 65 sejumlah 21 siswa (52,50%). Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 68 Kendari.