Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang dengan menggunakan lantai kelas sebagai media pembelajaran lingkugan sekitar siswa telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Dari pemberian tes siklus I diperoleh data hasil belajar siswa dengan nilaiĀ rata-rata 6,60 serta banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal 14 siswa (46,67%). Pada siklus II nilai rata-rata tes siswa 7,63 serta banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal 25 siswa (83,33%). Hasil rata-rata tes yang diperoleh pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,66%.