Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika materi bangun ruang dengan pembelajaran daring di SMPN 1 Leksono ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP N 1 Leksono. Pengambilan data meliputi angket gaya belajar, lembar tes tertulis uraian, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa dengan gaya belajar audio mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep dan memahami informasi yang diberikan oleh soal;(2) Siswa dengan gaya belajar gabungan mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep karena tidak mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai bangun ruang;(3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai kesulitan dalam hal pemahaman soal, terlihat dari kurang ketelitian dalam menjawab soal, serta kesulitan dalam hal pemahaman konsep;(4) Siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep yang matang mengenai rotasi;(5) Siswa dengan gaya belajar read-write mempunyai kesulitan dalam hal memahami maksud yang ditanyakan dalam soal.