Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika, dan Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Penelitian ini adalah jenis eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kendari pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXH SMP Negeri 2 Kendari sebanyak 30 siswa, dan subjek yang diwawancarai  adalah 3 orang siswa. Jawaban dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematis yang meliputi kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga siswa tidak tahu bagaimana cara menjawab soal tersebut, tidak teliti saat melakukan proses komputasi dan tergesa-gesa saat menyelesaikan soal