Meningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Bermain Konstruktif
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui metode bermain konstruktif di kelompok B TK Dharma Pertiwi Desa Wonggeduku Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B TK Dharma Pertiwi yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Berdasarkan data yang diperoleh tentang peningkatan kecerdasan visual spasial anak melalui metode bermain konstruktif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan analisis hasil belajar anak didik secara klasikal, pada siklus I diperoleh persentase 66,67% atau 10 orang anak dari 15 anak, dimana ada 2 anak yang mendapat nilai bintang (****) atau Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 8 anak yang mendapat nilai bintang (***) atau berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil belajar anak pada siklus II diperoleh persentase sebesar 86,67% atau 13 orang dari 15 anak, dimana ada 4 orang anak yang mendapat nilai bintang (****) atau Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 9 anak yang mendapat bintang (***) atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH).