Penyelesaian Permasalahan Penilaian Ranah Afektif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Munculnya pandemi virus corona atau Corona Virus Desease-2019 sangatlah berdampak pada semua tatanan kehidupan di seluruh dunia. Begitu juga dalam hal pendidikan yang harus dilaksanakan secara daring, pendidikan di masa pandemi dianggap mengalami banyak kendala dalam pelaksanaannya salah satunya adalah permasalahan dalam hal penilaian ranah afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan solusi penyelesaian permasalahan penilaian ranah afektif dalam pembelajaran jarak jauh (daring). Penelitian ini berbentuk literature review yang didasarkan pada penelusuran literatur yang memiliki kesamaan topik dan permasalahan. Hasil kajian menunjukkan bahwa untuk mengatasi permasalahan penilaian ranah afektif pada masa pembelajaran jarak jauh dapat dengan cara penilaian online menggunakan bantuan teknologi berupa platform atau aplikasi pendukung yaitu menggunakan meeting video conference seperti, zoom, skype, atau google meet, google form, Whatsapp Group, dan pemanfaatan platform teknologi yang dimiliki sekolah. Solusi penilaian lain yang dapat digunakan selain pemanfaatan platform teknologi, adalah penggunaan portofolio sebagai penugasan dan penilaian diri atau self asessment.  Selain itu, berdasarkan analisis kesembilan karya ilmiah dapat dinyatakan bahwa penggunaan Whatsapp Group merupakan platform teknologi yang cukup banyak digunakan oleh guru dalam melakukan penilaian pembelajaran dalam ranah afektif.