Efek Pemberian Penyuluhan Pencegahan Perundungan Secara Daring Terhadap Karakter Kewarganegaraan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek pemberian penyuluhan pencegahan perundungan secara daring terhadap karakter kewarganegaraan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada masa orientasi siswa di tahun pelajaran 2020/2021 yang dilakukan secara daring. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen pencegahan perundungan dan instrumen karakter kewarganegaraan dengan menggunakan skala likert. Metode pengumpulan data pencegahan perundungan dan karakter kewarganegaraan siswa dengan cara membagi kuesioner pada responden secara daring dan mengisinya pada google formulir. Sebelum kuesioner diberikan kepada responden, instrumen pencegahan perundungan dan karakter kewarganegaraan siswa terlebih dahulu diuji kehandalannya dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis  data pada penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Sebelum uji hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil pengujuan hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh data dengan nilai signifikan sebesar 0.046 yang mana 0.046 lebih kecil dari nilai porbabilitas 0,05 maka Ha diterima dan dapat simpulkan terdapat Efek Pemberian Penyuluhan Pencegahan Perundungan Secara Daring (X) terhadap Karakter Kewarganegaraan Siswa (Y).